The Quality of Life in the Grip Time

Kualitas Hidup di Genggaman Waktu
Oleh Bayu Tara Wijaya

Manajemen waktu adalah tugas rutinitas yang tidak mudah bagi semua orang. Para motivator-motivator pun banyak yang sepakat, “orang sukses berangkat dari memanajemen waktu hidupnya”. Setinggi dan sebesar apapun impian orang, tidaka akan berhasil apabila ia belum sukses dalam memanajemen waktu. Karena penting, maka berangkat dari memanajemen waktu dalam urusan kecil-kecil harus dilatih mulai saat ini.

“Pertanda hidup Anda berantakan adalah sering lupa punya janji dan sering telat menyelesaikan pekerjaan, serta sering telat datang ke suatu undangan.” Ini disebabkan tidak bisa memanajemen waktu. Tidak sedikit, orang yang bisa memanajemen waktu hidupnya dengan baik. Hidup saat ini dapat teratur dengan baik saja, itu sudah bagus. Apalagi bisa dalam sehari, seminggu, sebulun, dan seterusnya.

Setiap hari ada banyak tugas yang menumpuk di meja kerja atau meja belajar. Bagi orang yang punya penyakit kebiasaan tidak mengatur waktu terlebih dahulu baru bekerja atau belajar, akibatnya banyak pekerjaan yang tidak terselesaikan. Lagi-lagi yang dipersalahkan adalah waktu, “waktunya terlalu pendek untuk mengerjakan sebanyak itu”. Oleh karena itu, agar tidak terlalu berlarut-larut mempersalahkan waktu, yang sebenarnya kita sendirilah yang salah dalam memanajemen waktu hidup. Lantas bagaimana cara memanajemen waktu hidup dengan baik?

Dalam buku ini dapat ditemukan 21 cara dalam menjawab pertanyaan di atas, namun yang harus diketahui bahwa dari ke-1 hingga ke-21 cara yang disajikan dalam buku ini bukanlah hal kecil. Ini merupakan penemuan berarti dari riset yang dilakukan selama 30 tahun oleh Brian Tracy. Selama itu, ia hanya menghabiskan hidupnya dengan membaca, meneliti, dan memikirkan tentang memanajemen waktu.

Meskipun buku ini sangat ringan dibaca, tetapi butuh tekat dan keseriusan dalam mempraktikannya. Dengan judul Eat That Frog, mungkin banyak orang yang tidak tertarik, ini salah besar. Buku ini, dari bagian ke-1 hingga ke-21, adalah bagian yang utuh. Satu persatu dikupas terkait masalah dan cara memangatur waktu dengan baik. Kenapa hanya 21? Penulis bilang, selama 30 tahun tidak lebih dari angka itu dalam masalah waktu.

Buku ini hadir dengan penuh edukatif, kesalahan-kesalahan serta sebab-sebab dalam memanajemen waktu terkupas tuntas hingga menemukan solusi yang baik. Dalam mengupasnya, buku ini mengajak kita menemukan kunci hidup kita masing-masing melalui memanajemen waktu.

Penulis buku ini, Brian Tracy, berkeyakinan bahwa buku ini mampu mempengaruhi pembaca untuk segera mengadakan perubahan hidup. Melalui memanajemen waktu adalah langkah pertama yang akan menggiring kita dalam menemukan kualitas hidup.

Waktu itu investasi yang sangat berharga. Sebab, karena bisa memanajemen waktu dengan baik banyak keuntungan yang didapat. Berkat buku ini, mampu menyulap manajemen waktu menjadi suatu entitas enteng untuk dilakukan tanpa mengurangi subtansi lainnya.

Peresensi adalah Bayu Tara Wijaya, aktivis Lembaga Kajian, Penelitian
dan Pengembangan Mahasiswa (LKP2M) Malang


Judul buku : Eat That Frog
Penulis : Brian Tracy
Penerjemah : Dewi Wulansari
Penerbit : Gemilang, Jakarta
Tahun : Juni, 2011
Tebal : 168 halaman

Dimuat di Koran Jakarta 24 Oktober 2011


http://koran-jakarta.com/index.php/detail/view01/74410 atau
http://m.koran-jakarta.com/?id=74410&mode_beritadetail=1

0 Komentar:

Copyright © 2012 Sanggar Baca Pustaka.